HOTLINE 24 JAM +62 21 86909999

Detail Sahabat Aetra

Yuk, Donor Darah!

  • Posted by admin
  • 21 September 2018

Sahabat, sudah pernahkah mencoba melakukan Donor Darah? Tahukah ketika melakukan Donor Darah secara rutin akan memberikan dampak positif untuk tubuh kita?

Berbicara mengenai Donor Darah, ternyata tidak hanya bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan, tetapi ada dua pihak yang diuntungkan, yaitu bagi penerima (resipien) atau yang diberi donor dan bagi donor (penyumbang) atau pemberi.

Sebagai penerima Donor Darah tentu saja mendapatkan banyak keuntungan.

Donor darah dapat bermanfaat untuk membantu mereka yang kekurangan darah. Darah akan diberikan melalui proses yang dinamakan transfusi darah, yang bertujuan untuk menyelamatkan jiwa seseorang. Lalu, apa manfaatnya bagi pedonor darah?

1. Jantung Sehat

Pedonor akan memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit jantung dan telah dibuktikan secara ilmiah dalam American Journal of Epidemiology, bahwa pendonor darah memiliki 88% kemungkinan lebih rendah terkena serangan jantung dan 33% lebih rendah kemungkinan menderita semua jenis penyakit kardiovaskular.

2. Menurunkan Risiko Kanker.

Donor Darah yang konsisten akan bermanfaat menurunkan risiko kanker, termasuk diantaranya kanker hati, paru-paru, usus besar, lambung dan kanker tenggorokan. Tingkat risiko menurun, seiring dengan seberapa sering partisipan mendonorkan darahnya. (Anda dengan aman dapat mendonorkan darah setiap 3 bulan (untuk pria) dan 4 bulan (untuk wanita)).

3. Pembaharuan Sel-sel Darah.

Bila seseorang mendonorkan darahnya, tubuhnya akan menggantikan volume darah dalam waktu 48 jam setelah donor, dan semua sel darah merah yang hilang akan benar-benar diganti dalam waktu empat sampai delapan minggu dengan sel-sel darah merah yang baru. Proses pembentukan sel-sel darah merah yang baru akan membantu tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efisien dan produktif.

4. Membakar Kalori

Seseorang akan membakar sekitar 650 kalori per sumbangan dari satu pint (500ml) darah, menurut University of California, San Diego. Pendonor darah yang rutin menyumbangkan bisa kehilangan sejumlah besar berat badan, akan tetapi jangan digunakan sebagai program penurunan berat badan ya.

Menjadi pedonor darah tidak bisa oleh sembarang orang. Syarat-syarat wajib harus dipenuhi calon donor agar dapat menyumbangkan darahnya, seperti; Berusia 17 hingga 60 tahun, Berat Badan yang harus diatas 45 Kg, Tingkat Hemoglobin diatas 12,5 gram, Denyut Nadi normal dan Tekanan Darah baik, Tidak sedang menstruasi bagi perempuan, Tidak mengkonsumsi obat-obatan dan juga Tidak memiliki riwayat penyakit berat atau menular.

Tentunya hal ini dimaksudkan agar darah yang didapatkan dari kegiatan donor darah adalah darah yang bersih dan sehat supaya bisa dimanfaatkan untuk orang yang memerlukan. Meski sebelum darah itu disalurkan ke orang yang memerlukan, darah yang didapatkan dari kegiatan donor darah akan melalui serangkaian tes di laboratorium untuk memastikan bahwa darah tersebut layak digunakan. Darah yang terindikasi mengandung penyakit atau terinfeksi obat-obatan pastinya akan langsung dibuang. Setelah dinyatakan layak untuk digunakan, darah tersebut akan disimpan dan mempunyai 'umur' empat minggu.

Jaga Kesehatan untuk Donor Darah

1. Konsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi

   misalnya: sayuran berwarna hijau ( bayam ), daging merah, ikan, unggas,  kacang-kacangan. Zat besi dikombinasikan dengan protein tertentu, menjadi hemoglobin dalam sel darah merah.

2. Tidur cukup sangat direkomendasikan,

yakni selama 7–9 jam di malam sebelum hari pendonoran. Tidur yang cukup dan berkualitas akan membantu Anda merasa lebih segar dan mengurangi risiko badan lemas setiap harinya.

3. Minum air putih yang cukup

akan mencegah seseorang dari kekurangan air sebelum donor darah yang dapat menyebabkan pingsan dan merasa lemas setelah donor darah. Dengan demikian, dapat dilihat bahwa air putih penting bagi pendonor darah karena berperan potensial dalam jaringan tubuh. Selain itu, saat mendonorkan darah, cairan tubuh pun ikut donorkan. Ini membuat kurang cairan dan tekanan darah menurun. Untuk itu, disarankan untuk minum air putih sebanyak 500 ml segera sebelum mendonorkan darah agar tidak pingsan setelah mendonorkan darah.
 

Dalam upaya mengimplementasikan Nilai-nilai Aetra Air Jakarta, utamanya nilai Peduli Aetra Air Jakarta tidak melupakan aspek Lingkungan, Masyarakat dan Pelanggan dalam setiap aktifitas yang dilakukan, termasuk dalam hal aktifitas sosial. Kegiatan sosial yang rutin diselenggarakan di Aetra Air Jakarta adalah Donor Darah, selain juga aksi sosial pengobatan gratis dan juga pemeriksaan mata bagi para Lansia.

Bekerja sama dengan PMI Jakarta Utara dan Jakarta Timur sebagai fasilitator aksi Donor Darah, Aetra Air Jakarta berhasil mendapatkan hampir ratusan kantong darah yang berasal dari para karyawannya. Selanjutnya darah yang diambil dari para pendonor Aetra Jakarta diserahkan kepada PMI, untuk memenuhi kecukupan stok darah disana.

"Sebagai wujud bakti sosial kepada masyarakat, saya lihat animo karyawan yang mendonorkan darah ini cukup tinggi. Bahkan jajaran Manajerial dan Direksi pun ikut berkontribusi sebagai pendonor darah Aetra Air Jakarta“  ungkap Mohamad Selim, Presiden Direktur Aetra Air Jakarta dalam satu kesempatan acara kegiatan sosial yang diselenggarakan Aetra Air Jakarta.

Apakah Sahabat Aetra tertarik untuk segera melakukan Donor Darah dalam waktu dekat? Jika ya, pastikan Anda tidak melupakan syarat-syarat diatas agar segala sesuatunya berjalan dengan lancar, bermanfaat bagi kemanusiaan dan sehatnya bisa Sahabat rasakan sepenuhnya.