HOTLINE 24 JAM +62 21 86909999

Detail Sahabat Aetra

TETAP SEHAT DI BULAN PENUH RAHMAT

  • Posted by admin
  • 14 June 2017

Sahabat Aetra, bulan suci Ramadan sudah berjalan setengah bulan. Tentunya selain harus semakin bersemangat menambah amalan kita dengan beribadah, kita juga perlu meperhatikan kesehatan saat menjalankan ibadah puasa agar stamina tetap terjaga dan terhindar dari sakit. Pada dasarnya, masalah kesehatan pada orang yang sedang berpuasa biasanya timbul karena faktor makanan yang tidak tepat, kurang tidur, dan kekurangan cairan yang menyebabkan dehidrasi.

Cegah Dehidrasi dengan Tetap Minum 8 Gelas Air Sehari

Dehidrasi menjadi masalah pada banyak orang karena cadangan cairan tubuh yang kurang atau malah tidak mencukupi. Selama berpuasa tubuh kehilangan banyak cairan sehingga keseimbangan gula-garam dalam tubuh terganggu. Air di dalam tubuh yang totalnya lebih dari 60% ini memang punya peran yang sangat penting bagi kesehatan kita.

Kalau selama bulan Ramadhan ini Sahabat mengalami rasa haus dan pusing, ini merupakan tanda-tanda dehidrasi awal. Sebenarnya hal ini wajar dan bisa terjadi saat menjalani puasa Ramadhan. Selain rasa haus Sahabat juga akan mengalami kelelahan dan kulit terasa lebih kering. Untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh saat menjalan ibadah puasa, Sahabat harus pintar-pintar mengatur waktu minum karena menurut ahli hidrasi, ketika puasa pun kita juga tetap diwajibkan untuk minum 8 gelas setiap harinya.

Sahabat dapat mencoba dengan membaginya dalam 3 sesi; 2-4-2 yaitu, dua gelas saat berbuka puasa, empat gelas setelah shalat tarawih dan dua gelas ketika sahur. Bisa juga dapat dibagi menjadi 3-2-3 yaitu, tiga gelas saat berbuka puasa, dua gelas setelah shalat tarawih, dan tiga gelas ketika sahur. Cara setiap orang untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh tidaklah sama, yang paling penting adalah setiap harinya kita harus minum 8 gelas air setiap harinya.

Selain itu, penting untuk diperhatikan untuk mengkonsumsi air putih yang berkualitas. Air minum yang berkualitas didapatkan dari sumber air yang berkualitas pula. Air yang berkualitas memberikan dampak baik bagi tubuh kita, seperti; mengeluarkan racun dalam tubuh, melancarkan pencernaan, dan dapat meningkatkan fokus ketika melakukan kegiatan sehari-hari serta masih banyak lagi kebaikan-kebaikan yang kita peroleh ketika memutuskan untuk mengkonsumsi minuman berkualitas. Cara paling mudah untuk mengetahui kualitas air baik atau tidak dapat dilihat dari beberapa ciri fisik yaitu; tidak berasa, tidak berbau dan tidak berwarna.

Konsumsi Makanan Berserat

Selain asupan cairan, pilihan makanan yang tepat saat sahur juga penting diperhatikan, terutama untuk menjaga stamina saat dari sahur hingga berbuka. Simak menu makanan yang sebaiknya dikonsumsi agar tidak lemas saat berpuasa;

  1. Kurma
    Buah favorit saat bulan puasa adalah kurma. Kurma mengandung karbohidrat tinggi, glukosa, fruktosa dan sukrosa, sedikit protein, mineral seperti zinc, selenium serta antioksidan yang akan membantu Anda mendapatkan energi secara cepat ketika berbuka puasa, dan menjaga kondisi badan tetap bugar ketika sahur menjelang.


  2. Sayuran
    Ketika bulan puasa, banyak orang yang memilih mengonsumsi makanan berat seperti daging-dagingan, roti bahkan gorengan. Padahal, makanan seperti sayuran juga harus diperhatikan. Selain menjaga pencernaan tetap lancar, sayuran juga baik untuk memastikan tubuh mendapatkan nutrisi dan mineral yang cukup selama Ramadan.


  3. Buah-buahan
    Beberapa buah berair seperti semangka, melon, jeruk, hingga apel bisa menjadi pilihan yang disediakan di atas meja makan. Buah-buahan juga memberikan nutrisi pada tubuh sehingga bisa puasa lebih nyaman.

Terakhir, jika memiliki waktu senggang lebih banyak, sahabat dapat mencoba olahraga ringan untuk melancarkan pencernaan. Nah, dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi dan mengisi kebutuhan cairan yang cukup per harinya dengan air minum berkualitas dapat membantu Sahabat tetap segar dan sehat selama bulan Ramadhan.