HOTLINE 24 JAM +62 21 86909999

Detail Sahabat Aetra

TIPS “DECLUTTER” TANPA RIBET

  • Posted by admin
  • 29 April 2019

Sahabat pasti penasaran, apa yang dimaksud dengan Declutter? Declutter adalah kegiatan beres-beres rumah dari berbagai barang yang tidak digunakan lagi. Rumah yang berantakan dengan barang yang menumpuk dan memenuhi sudut rumah, tentunya membuat suasana rumah menjadi tidak nyaman untuk ditempati dan pasti akan berpengaruh juga ke suasana hati penghuninya. Itulah alasan Declutter biasanya dilakukan secara rutin setiap beberapa bulan sekali untuk menjaga kenyamanan rumah dan penghuni.

 

Perasaan malas dan tidak ingin repot biasanya menggagalkan rencana untuk melakukan Declutter di akhir pekan, tapi jangan khawatir Sahabat, tips-tips berikut ini akan mempermudah Sahabat untuk melakukan Declutter anti ribet. Simak, yuk!

 

Luangkan Waktu dan Kumpulkan Niat

Pilihlah waktu yang panjang seperti long weekend atau saat libur sekolah anak-anak agar seluruh anggota keluarga dapat saling membantu membereskan rumah. Selain itu, proses Declutter biasanya akan memakan waktu lebih dari satu hari atau tergantung dari sebanyak apa barang di rumah. Kumpulkan niat dan komunikasikan kepada anggota keluarga yang lain mengenai rencana melakukan Declutter. Ungkapkan juga keinginan memiliki rumah yang tertata nyaman dan rapi.

 

Lakukan “Declutter” dengan Membagi Zona

Membagi zona di dalam rumah merupakan langkah paling mudah untuk diterapkan ketika melakukan Declutter. Mulailah dari satu ruangan ke ruangan lain yang lebih besar. Bagi pekerjaan kepada anak-anak agar memilah barang mereka sendiri di kamar masing-masing dan cobalah merapikan sesuai zona seperti di bawah ini ;

 

1. Kamar Tidur

Tempatkan barang-barang kecil dalam satu wadah, susun sesuai dengan kelompoknya. Buang surat-surat yang sudah lama, baju yang robek, dan barang apapun yang sudah tidak terpakai selama 6 bulan.

 

2. Lemari Pakaian

Bagi barang berdasarkan jenisnya (seperti celana, baju kaos, baju pergi, baju pesta). Kategorikan dari mulai yang tidak pernah dipakai sampai yang sering dipakai. Susun rapi secara berkala seminggu sekali.

3. Ruang Tamu

Buat storage permanen untuk barang-barang yang sering dipakai. Letakkan barang yang sering dipakai pada countertop kabinet dan simpan sisanya. Buang yang tidak perlu.

 

4. Kamar Mandi

Buang botol shampo, sabun, dan botol lainnya yang sudah habis atau sudah kadaluarsa. Tata secara rapi alat mandi yang masih digunakan.

 

5. Gudang

Usahakan untuk tidak selalu menyimpan barang yang tidak akan digunakan lagi di gudang. Gudang dapat digunakan untuk menyimpan barang yang masih bisa dipakai kembali.

 

Untuk beberapa orang, decluttering ini memang tidak mudah karena terikat dengan kenangan pada suatu barang, misalnya kenangan masa kecil, kampung halaman, traveling dan sebagainya. Tapi kalau kita ingin hidup lebih ringkas, hemat, rumah juga lebih lapang, rapi, bersih dan nyaman harus ada sedikit “memaksakan diri” menyingkirkan barang-barang tidak perlu.