HOTLINE 24 JAM +62 21 86909999

Detail Sahabat Aetra

AKSI SELAMATKAN BUMI

  • Posted by admin
  • 3 May 2019

Melihat keadaan bumi sekarang ini dengan pemanasan global yang terus meningkat, jumlah plastik tersebar di darat dan lautan yang produksi serta konsumsinya tidak dapat lagi dihentikan, juga sumber air bersih yang mulai langka, tentunya peristiwa-peristiwa tersebut merupakan dampak dari aktifitas manusia di bumi selama ini yang kurang memperhatikan lingkungan. Aktifitas manusia sehari-hari yang secara langsung maupun tidak langsung dapat memicu terjadinya pemanasan global dan bencana alam lainnya. Maka dari itu, sebagai makhluk hidup penghuni bumi, jika juga berkewajiban untuk bisa menjaga bumi kita yang semakin tua ini.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh generasi kita untuk mencegah bumi kita dari kerusakan dengan mengubah kebiasaan kita sehari-hari. Lalu, kira-kira aksi apa saja yang dapat menyelamatkan bumi dari dampak negatif dari rutinitas kita? Yuk, simak sepuluh aksi yang dapat Sahabat coba sehari-hari!

1. Gunakan Serbet, Kurangi Penggunaan Tisu 
Aksi yang pertama adalah kurangi penggunaan tisu. Penggunaan tisu yang berlebihan bisa menyebabkan efek global yang sangat masif. Diawali dengan penebangan hutan untuk memproduksi pulp (bubur kertas), erosi tanah akibat hutan yang gundul, pelepasan gas karbon akibat hilangnya hutan, yang berimbas pada meningkatkan konsentrasi CO2 di atmosfir yang menyebabkan tingginya suhu bumi.

2. Hentikan Penggunaan Plastik
Aksi kedua adalah menghentikan penggunaan plastik sekali pakai seperti kantong plastik dari pembelanjaan di supermarket dan pasar, sedotan, plastik mika pembungkus makanan, dan lainnya. Plastik yang tidak mudah untuk diurai mulai mengotori daratan, menyumbat saluran, dan membuat laut, air tanah serta tanah tercemar.

3. Hemat Listrik
Aksi hemat listrik dapat kita mulai dengan mematikan listrik yang tidak dipakai. Jangan biarkan listrik menyala ketika siang hari. Pilihlah perangkat elektronik yang hemat listrik dan ramah lingkungan, selain dapat menyelamatkan bumi, aksi ini juga dapat menekan biaya tagihan bulanan.


4. Hemat Kertas
Aksi hemat kertas yang dapat dicoba adalah dengan mencetak secara bolak-balik. Gunakan kembali kertas bekas yang masih bersih di baliknya. Saat mengatur dokumen yang akan dicetak, kurangi margin dalam persiapan mencetak, sehingga penggunaan tempat menjadi lebih efisien. 

5. Hentikan Penggunaan Air Tanah
Aksi ini sebenarnya sudah digaungkan oleh banyak lembaga pemerintahan, bahkan terdapat undang-undang yang mengaturnya. Sahabat mungkin akan bertanya-tanya hubungan dari menghentikan penyedotan air tanah dengan kerusakan bumi. Pengambilan air tanah untuk digunakan secara masif akan memberikan dampak yang buruk bagi wilayah tersebut. Penyedotan air tanah akan menyebabkan permukaan tanah turun yang akan terus meningkatkan potensi banjir, bencana longsor, tanah ambles, dan intrusi air laut.

Sebagai perusahaan penyedia air bersih perpipaan, Aetra Air Jakarta tidak tinggal diam melihat kerusakan lingkungan sekitar. Selain gencar menyuarakan penghentian penggunaan air tanah karena dapat memberi dampak buruk bagi kelestarian Jakarta, Aetra Air Jakarta juga mengajak warga masyarakat untuk mulai merubah pola hidup dengan beralih ke air bersih perpipaan yang pasti lebih bersih dan berkualitas karena prosesnya telah memenuhi standar Departemen Kesehatan RI. Aetra Air Jakarta juga turut berpartisipasi dengan rutin mengadakan kegiatan tanam pohon atau penghijauan yang bertujuan untuk mencegah erosi, mampu menyimpan kembali air tanah, mencegah terjadinya banjir, dan menyaring karbondioksida dan polusi - menjadi oksigen yang kita hirup sehari-hari.

Sahabat, ada banyak cara yang bisa dilakukan generasi kita guna menyelamatkan bumi dan mencegah terjadinya bencana alam. Mulai saat ini tunjukan kepedulianmu, tunjukan aksimu!