HOTLINE 24 JAM +62 21 86909999

Detail Sahabat Aetra

MUSIM HUJAN DATANG, YUK BERSIH-BERSIH LINGKUNGAN

  • Posted by admin
  • 26 December 2018

Sahabat, memasuki akhir tahun hujan turun hampir setiap hari, bahkan di beberapa kota di Indonesia hujan turun sangat deras dan menyebabkan banyak hal seperti rumah bocor, pohon tumbang, serta banjir. Lalu, hal apa saja yang perlu dipersiapkan dan diperhatikan menjelang musim hujan?

 

1. Rutin Membersihkan Saluran Air

Saat musim hujan datang, curah hujan tinggi yang berlangsung dalam waktu lama akan berpotensi menyebabkan banjir, terlebih lagi jika sistem drainase atau penyaluran air di sekitar rumah Sahabat tidak diperhatikan dengan baik. Saluran pembuangan air atau selokan yang ada di sekitar rumah wajib dibersihkan secara berkala, setidaknya dua minggu sekali menjelang musim penghujan agar daya tampungnya maksimal. Periksalah saluran air dengan baik. Jika terdapat sumbatan endapan lumpur dan sampah, segera bersihkan karena dapat menghambat laju air yang akan memicu terjadinya banjir.  Oleh karena itu, sangat baik jika Sahabat Aetra dapat mengajak seluruh lapisan masyarakat di lingkungan rumah untuk ikut kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar, terutama saluran air.

 

2. Pangkas Tanaman

Musim hujan yang panjang dapat membuat tanaman tumbuh dengan cepat. Tanaman menjadi rimbun dan berpotensi menjadi sarang nyamuk dan serangga lain. Selain itu, pohon-pohon besar yang sudah tua juga berisiko tumbang. Karena itu, pangkas semua tanaman dan pohon-pohon di sekitar rumah, utamanya saat mendekati musim penghujan. Dijamin rumah menjadi lebih nyaman, aman, dan rapi.

 

3. Periksa dan Perbaiki Talang Air

Selama musim kering atau kemarau, talang air rentan kotor karena debu, rontokan daun di pohon dan berbagai kotoran kering. Kotoran yang jarang dibersihkan, tentu akan menumpuk sehingga menyebabkan saluran air tersumbat. Hal ini akan menghambat laju air pada talang. Segera bersihkan dan buang tumpukan kotoran yang berkumpul pada talang air. Nah, selain menjaga kebersihan talang, Sahabat juga wajib memeriksa kondisi talang. Apabila terdapat kerusakan pada talang air yang berpotensi bocor atau rembes segera perbaiki agar talang air dapat berfungsi maksimal di musim hujan. Jika ingin mengganti dengan talang baru, buat talang air dengan ukuran yang tepat dengan material yang berkualitas agar bertahan lama.

4. Perhatikan Posisi Genteng Rumah

Mungkin ini jarang Sahabat lakukan ya, namun wajib untuk dilakukan menjelang musim hujan. Lakukan cek posisi genteng rumah. Genteng yang berantakan dapat menjadi penyebab utama kebocoran di musim hujan. Walaupun rumah yang Sahabat tempati terbilang bangunan baru, namun ada baiknya untuk tetap lakukan pengecekan. Sebab biasanya genteng dapat bergeser karena banyak hal, seperti angin atau kenakalan hewan yang melewati atap rumah.

 

Sahabat, jagalah lingkungan rumah agar tetap nyaman dan terhindar dari hal-hal merugikan saat curah hujan mulai meninggi. Selamat mencoba tips-tips di atas!