Temukan kantor pelayanan terdekat dari tempat anda.

Informasi penting cara menjadi pelanggan kami.
Lebih lanjut ..

Facebook Twitter Kontak
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

Info Layanan 24 Jam:

+62 21 86909999
  Contact Center 24 Jam



PT Aetra Air Jakarta Bangun 4 (empat) titik Kios Air

27 Mei 2012

Jakarta, 27 Mei 2012 – PT Aetra Air Jakarta sebagai Penyedia Layanan Air Minum di belahan Timur jakarta yang meliputi wilayah operasional sebagian Jakarta Utara, sebagian Jakarta Pusat dan seluruh wilayah Jakarta Timur mendirikan 4 (empat) titik Kios Air yang tersebar di wilayah Jakarta Utara sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR). Hal ini sejalan dengan misi perusahaan ”Mengembangkan perusahaan yang sehat secara berkelanjutan sehingga memberikan nilai tambah bagi pemangku kepentingan”, demikian ungkap Yosua L Tobing, Corporate Secretary PT Aetra Air Jakarta.

Keempat kios tersebut adalah :

Lokasi

Jumlah Air

Alamat

Jumlah terlayani

Volume (Bulanan)

Marunda

3 Titik

Jl. H. Dempet RT 5 RW 01 Kpg. Bambu Kuning Kel. Marunda

300 KK, 1.800 jiwa

150 m3

Rorotan 1

2 Titik

RT 8/RW 8, Kpg. Karang Tengah, Kel. Rorotan

56 KK, 270 jiwa

250 m3

Rorotan 2

2 Titik

RT 1/ RW 09, Kpg Karang Tengah, Kel. Rorotan

70 KK; 270 jiwa

75 m3

Rorotan 3

1 Titik

RT 6/RW 08, Kpg. Karang Tengah, Kel. Rorotan

35 KK, 210 jiwa

250 m3

 

Aetra membangun kios air ini diperuntukkan bagi sebagian masyarakat Jakarta yang belum terlayani air bersih melalui jaringan perpipaan. Karena kebutuhan akan air bersih sangat penting untuk kesehatan dan sanitasi lingkungan. Kenyataan yang ada di wilayah Jakarta Utara, kondisi air tanahnya sudah terintrusi air laut sehingga sudah tidak layak untuk dikonsumsi. 

Salah satu tujuan dibangunnya kios air ini adalah menyediakan air bersih melalui kios air kepada warga Jakarta yang belum terjangkau jaringan perpipaan dengan harga yang terjangkau. Kapasitas setiap kios adalah 4000 liter dengan pengisian kios air dilakukan setiap hari menggunakan mobil tangki. Pengelolaan kios air ini dilakukan oleh KSPA (Kelompok Swadaya Penggunan Air) yang berasal dan dibentuk dari warga oleh warga yang tinggal di sekitar lokasi kios air.

Harga Kios Air iyang ditetapkan adalah golongan kelompok 3A berdasarkan SK Gubernur DKI Jakarta sebesar Rp. 3.550/m3 flat. Sedangkan harga jual air dari KSPA kepada warga yang telah disepakai bersama adalah Rp. 300/20 liter      (1 jerigen) bila warga mengambil langsung ke kios air sedangkan Rp.500/20 liter    (1 jerigen) apabila  diantar dengan menggunakan gerobak air.

 Capaian Aetra di tahun 2011

Beberapa pencapaian Aetra di tahun 2011 lalu diantaranya Tingkat Kepuasan Pelanggan atau Customer Retention Index (CRI) mencapai angka 69, artinya naik 10 poin dari perolehan tahun 2010 sebesar 59 poin. Hal ini menunjukkan kepuasan pelanggan meningkat dari tahun ke tahun.

Tingkat Retention Index tersebut merupakan hasil survei TNS Consultant yang bersifat independen. Tujuan utama diadakannya survey kepuasan pelanggan tersebut bahwa Aetra dapat memahami pemikiran, perasaan dan perilaku pelanggan sebagai masukan untuk pengembangan bisnis dan kinerja ke depan.

Peningkatan perolehan poin Retention Index tersebut tidak terlepas dari pencapaian kinerja Aetra pada tahun 2011 lalu. Dapat kami informasikan bahwa di bidang pelayanan pelanggan, saat ini Aetra sudah menerapkan sistem pembacaan meter online guna meningkatkan akurasi pembacaan meter air. Tingkat Akurasi tersebut didukung oleh rekam gambar fisik meter serta fitur Global Positioning System (GPS) yang menunjukkan lokasi pembacaan dan aktivitas pembaca meter secara langsung ke pengawas di ruang kontrol Aetra. Sebelumnya Aetra juga sudah mengembangkan sistem pembayaran Langsung atau ”Direct Collection” oleh petugas tertentu agar pelanggan mendapatkan kemudahan dalam membayar meter air sehingga pelanggan dapat melakukan pembayaran tepat waktu dan terhindar dari denda akibat keterlambatan pembayaran.

Di bidang pengembangan jaringan perpipaan untuk mendukung K3 yaitu Kualitas, Kontinuitas & Kualitas kehandalan suplai airnya, pada tahun 2011, Aetra mengoperasikan pipa utama di Jl. Raya Bogor, Pasar Rebo, berdiameter 800 mm sepanjang 1,4 km untuk mengganti pipa tua yang dibangun  sejak  tahun   1922   di kawasan Jl, Raya Bogor , hal ini guna peningkatan suplai air kepada pelanggan di area Pasar Rebo, Cijantung serta jl. Raya Bogor. Kehandalan suplai air di area Pasar Rebo dsk juga didukung oleh pembangunan Pompa Tekan atau Inline Booster Pump(IBP) di area Halim & Kiwi, Jakarta Timur. Sedangkan untuk peningkatan suplai di area Papanggo, Tanjung Priok, Sunter Agung, Ancol, serta Pusat Pengelolaan Kompek Kemayoran (PPKK), Aetra juga sudah menginvestasikan senilai Rp. 21,2 milyar guna membangun pipa utama berdiameter 600 – 800 mm sepanjang 3,6 km di Jl. Bisma, Sunter Jakarta Utara. Sebelumnya, Aetra juga sudah membangun pipa utama berdiameter 800 mm  Jl. Raya Pondok Kopi untuk peningkatan suplai di area Penggilingan, Ujung Menteng, Pulo Gebang dan Area Pengembangan Bisnis Sentra Primer.

Dibidang Sumber Daya Manusia, guna membentuk organisasi yang efektif serta berfokus pada pelanggan maka Aetra melakukan restrukturisasi yang kita sebut dengan Reenginering. Aetra juga mengimplementasikan penilaian kinerja kepada seluruh karyawan dengan berpedoman pada SMK (Sistim Managemen Kinerja).

Dibidang Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR), Aetra melakukan program ”Pemberdayaan Masyarakat” yang disebut dengan ”Program Kampoeng Bangkit 2” yang sedang berlangsung di RW 05 Kelurahan Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur. Program ini merupakan program Kampoeng Bakit ke 2 (dua), sebelumnya Aetra sudah melakukannya di RW 10 Kel. Pademangan Timur. Berkerjasama dengan Rumah Amal Salman ITB (RASI) program ini bertujuan memandu kebangkitan masyarakat sekaligus peningkatan sumber daya manusia melalui program mikro finance dan tentunya program penyelamatan air tanah guna melestarikan kelestarian lingkungan hidup. Sebelumnya Program Kampoeng Bangkit 1 dilakaukan di RW 10 Kelurahan Pademangan Timur, Jakarta Utara dengan membangun 2 (dua) buah hidran serta mengembangkan masyarakat dengan program mikro finance.

 -SELESAI-