HOTLINE 24 JAM +62 21 86909999

Detail Berita

Aetra Air Jakarta Dorong Warga Jakarta Menggunakan Air Perpipaan

  • Posted by Aetra
  • 2 May 2019

Warga bagian Timur DKI Jakarta semakin tertarik untuk menggunakan air perpipaan sebagai ganti penggunaan air tanah. Hal ini tidak lepas dari upaya Aetra Air Jakarta untuk menarik minat masyarakat mulai beralih ke air perpipaan. Salah satunya melalui Program “BACAN” (Bayar Air Harga Cantik).

 

Implementasi program ini disampaikan secara masif melalui sosialisasi kepada warga di beberapa wilayah layanan Aetra Air Jakarta, antara lain warga di Kelurahan Pondok Kelapa - Duren Sawit  (Jl. H. Gemon), Kelurahan Jati – Rawamangun (JL. Jati Raya), Kelurahan Cijantung (Jl. Baru – Gongseng) dan Kelurahan Paseban (Jl.Salemba Tengah3).

 

Penggunaan air perpipaan juga selaras dengan Surat Edaran Gubernur Provinsi DKI Jakarta No. 37/SE/2011 yang menyatakan bahwa pengambilan Air Tanah secara berlebihan di wilayah DKI Jakarta akan mengakibatkan dampak, antara lain penurunan muka tanah (land subsidence) dan penurunan kualitas air.

 

Sasaran utama program “BACAN” yang diluncurkan oleh Aetra Air Jakarta terutama bagi kelompok Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dengan biaya yang ditawarkan mulai dari Rp 33,000, Rp. 66,000 dan Rp.89,000 per bulan.

 

Antusiasme warga terhadap produk “BACAN” Aetra Air Jakarta sangat tinggi. Hal ini terlihat dari minat lebih dari 100 kepala keluarga di RW 011, Kelurahan Cijantung, Kecamatan Pasar Rebo langsung mendaftarkan diri sebagai pelanggan baru AETRA. Sementara di RW 08, Kelurahan Paseban, Senen, Jakarta Pusat, puluhan warga mendaftar sebagai pelanggan baru. Mereka beralih menjadi pengguna air perpipaan lantaran hasil uji laboratorium menyatakan kondisi air di wilayah tersebut kurang baik untuk kesehatan karena mengandung mangan dan bakteri Escherichia coli (E.coli). Demikian juga warga di area Kelurahan Jati dan Duren Sawit.

 

Selain mulai terbangunnya minat warga masyarakat untuk menjaga kelestarian Jakarta, mengkonsumsi air bersih yang sehat juga dibarengi kesadaran mereka akan pelanggaran terhadap pemanfaatan air bawah tanah yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dapat dikenakan sanksi administrasi, perdata, dan pidana.

Berita-berita mengenai minat warga beralih ke air perpipaan Aetra Air Jakarta juga dimuat dalam media online melalui link berikut ini :

 

http://www.tribunnews.com/metropolitan/2019/05/01/aetra-dorong-warga-ibu-kota-gunakan-air-perpipaan

https://m.kontan.co.id/news/dorong-pipanisasi-air-bersih-di-jakarta-aetra-gratiskan-biaya-pemasangan

https://www.medcom.id/nasional/metro/aNrqp2EK-aetra-dorong-warga-jakarta-gunakan-air-perpipaan

https://drive.wps.com/d/AK6k6ob40Z4lgpilyYqdFA