HOTLINE 24 JAM +62 21 86909999

Detail Berita

Aetra Jakarta Dukung Asian Games 2018 Dengan Membangun Reservoir Sunter Permai

  • Posted by Aetra
  • 5 July 2018

Salah satu Perintis Teknologi Bolted Tank Sistem Knock-Down di lingkungan PDAM Indonesia

(keterangan gambar: saat dilakukan proses pendirian tandon air)

 

Aetra Air Jakarta menjadi salah satu perintis di lingkungan PDAM se-Indonesia dalam penggunaan reservoir di atas permukaan tanah kapasitas 2.500 m3 yang dibangun menggunakan teknologi bolted tank bersistem knock down. Dahulu, reservoir untuk penampung air PDAM yang akan didistribusikan ke masyarakat selalu dibuat di bawah tanah. Metode seperti ini menyulitkan pemantauan dan penanganan apabila ada kebocoran pada reservoir. Dengan teknologi baru ini, pelanggan diuntungkan karena suplai airnya tidak perlu terhenti saat dilakukan perbaikan kebocoran pada reservoir.

 

Hal ini dijelaskan oleh AM Haryatno selaku Project Manager dari Group Insfrastructure Development & Project Management (IDPM) PT. Aetra Air Jakarta saat ditemui di lokasi, berkenaan dengan persiapan akhir Aetra untuk pekerjaan kontruksi Pompa Tekan dan Reservoir Sunter Permai yang merupakan program investasi Aetra 2017.

 

Pembangunan reservoir tersebut merupakan bagian dari pembangunan Pompa Tekan & Reservoir Sunter Permai di Jl Sunter Permai, Jakarta Utara. Reservoir yang dibangun oleh Aetra Air Jakarta ini  berdiameter 20 meter dengan tinggi sekitar 10 meter. Air dari reservoir ini nantinya dengan menggunakan pompa tekan dapat melayani ke 7 Kelurahan, yakni: Kelurahan Pademangan Barat, Kelurahan Pademangan Timur, Kelurahan Sunter Agung (sebagian), Kelurahan Tanjung Priok (sebagian), Kelurahan Ancol, Kelurahan Gunung Sahari Utara, serta Kelurahan Papanggo (sebagian).

 

Aetra melakukan pemasangan 97 tiang pancang untuk penguatan tanah di lokasi tempat reservoir ditempatkan. Reservoir di atas pemukaan tanah ini merupakan teknologi yang lebih maju dari sebelumnya yaitu reservoir yang bangun di bawah tanah.

 

Sebelumnya, Aetra telah membangun Pompa Tekan Tugu, Pompa Tekan Halim, Pompa Tekan Kiwi. Aetra juga mengoperasikan Pompa Tekan Pasar Rebo, Sungai Bambu, Sumur Batu, serta Pompa Tekan & Reservoir CDC Cilincing. Seluruh reservoir Aetra Air Jakarta sebelumnya merupakan reservoir bawah tanah,

 

Reservoir Sunter adalah reservoir pertama Aetra yang dibangun dengan menggunakan teknologi terkini. Reservoir ini juga menjadi salah satu perintis di lingkungan PDAM di Indonesia untuk kapasitas tampung 2.500 m3. Teknologi ini dikembangkan oleh Amerika dan Australia sejak sekitar tahun 1990-an.

 

Keunggulan Teknologi Bolted Tank ini antara lain: mudah dan cepat dalam pemasangannya, efisien biaya perawatan, mudah terdeteksi dan ditanggulangi jika ada kebocoran, pada saat dilakukan pembersihan atau perbaikan, operasi dapat tetap berjalan sehingga pelayanan tidak terganggu, serta dapat direlokasi apabila suatu saat reservoir ini harus dipindahkan. Keunggulan lainnya adalah dalam pabrikasinya teknologi ini sudah memperhitungkan ketebalan dan kekuatan plat baja, coating­nya, serta berbagai aspek teknis lainnya.

 

TAMAN

Dalam proses pembangunan Pompa Tekan dan Reservoir Sunter, Aetra juga melengkapi kawasan ini dengan taman cantik yang nantinya dapat digunakan warga beraktivitas. Hal ini sejalan dengan komitmen Aetra dalam mendukung penghijauan dan kelestarian lingkungan. Saat ini Aetra sudah mulai melakukan land clearing, sebagai area penanaman pohon untuk menyejukkan udara yang akan membuat rindang dan asri area sekitar reservoir. Tanaman pohon yang ditanam antara lain Grodogan, Trembesi, Bintaro,dll.  Pembuatan taman ini juga merupakan bentuk kontribusi dan kepedulian Aetra Air Jakarta bagi warga sekitar.

 

Pompa Tekan (Booster Pump) Sunter Permai dengan kapasitas 800 liter per detik akan memberikan peningkatan kuantitas aliran dan tekanan, sehingga dapat lebih meningkatkan kepuasan pelanggan di area pelayanannya.

(keterangan gambar: lanskap reservoir dikelilingi taman, dilihat dari tampilan atas)

 

DUKUNG ASIAN GAMES 2018

Pembangunan reservoir ini akan selesai pada akhir bulan Juli 2018,berdekatan dengan perhelatan olahraga terbesar di Asia yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang.

 

Dalam rangka mendukung program Pemerintah untuk mensukseskan Asian Games 2018, layanan Pompa Tekan ini akan mencakup juga area Kemayoran, tempat dibangunnya perkampungan para Atlet Asian Games 2018.  

 

Dengan adanya reservoir baru ini, diharapkan kebutuhan air bersih seluruh Atlet dan tim official Asian Games 2018 yang bermukim di area perkampungan Atlet tersebut dapat  terlayani air setiap saat.

 

(keterangan gambar:Lubang kontrol dinding)