HOTLINE 24 JAM +62 21 86909999

Detail Berita

Aetra Berkomitmen Untuk Memberikan Kran Air Siap Minum dan Sarana Peribadatan dan Pada Fasilitas Institusi Pendidikan

  • Posted by Aetra
  • 7 May 2018

Jakarta, 7 Mei 2018, Sebagai bentuk nyata Aetra dalam mengedukasi masyarakat di timur Jakarta, maka melalui pemasangan Kran Air Siap Minum di 7 (tujuh) titik lokasi (list terlampir) diharapkan mampu menggerakkan anak-anak usia dini dan masyarakat umum untuk mulai memprioritaskan penggunaan air perpipaan dan mulai meninggalkan penggunaan air tanah, hal ini sebagai bentuk komitmen bersama dalam penyelamatan air tanah khususnya di Provinsi DKI Jakarta, demikian penegasan Mohamad Selim, Presiden Direktur PT Aetra Air Jakarta.  

 

Pemasangan Kran Air Siap Minum dilakukan di 2 (dua) Masjid dan 5(lima) Sekolah Dasar dan. Adapun rincian titik pemasangan kran air siap minum tersebut berlokasi di :

 

Lokasi 2 (dua) Masjid :

No

Nama Masjid

Alamat

Area

1

Masjid Raya Al Husna

Jl. Enggano, Depan Stasiun RT 004/008 kelurahn Tanjung Priok

Jakarta Utara

2

Masjid Al Mukhlisin

Jl. Amal No. 8A RT 06/01, kelurahan Pondok Bambu

Jakarta Timur

 

Lokasi 5 (lima) Sekolah Dasar :

No

Nama Sekolah

Alamat

Area

1.

SDN Rawamangun 12 Pagi

Komplek UNJ Jl. Pemuda Pulo Gadung RT/RW 07/12 Rawamangun

Jakarta Timur

2.

SDN Ujung Menteng 01 Pagi

Jl. Irigasi No. 138 RT 06 RW 02 Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur

Jakarta Timur

3.

SDN Sunter Agung 12 Pagi

Jl. Paradise 10 RT 11 RW 12 Sunter Agung Tanjung Priuk

Jakarta Utara

4.

SDN Sunter Jaya 09 Pagi

Jl. Danau Indah 2 R 04 RW 13 Sunter Jaya

Jakarta Utara

5.

SDN Johar Baru Pagi 01 Pagi

Jl. Percetakan Negara IV No. 4 RT 08 RW 09 Johar Baru

Jakarta Pusat

 

Pihak pengelola Masjid Al Husna dalam kesempatan terpisah menyampaikan terima kasih dan penghargaannya kepada Aetra terkait dengan pemasangan Kran Air Siap Minum yang terpasang di fasilitas peribadatan termasuk di Masjid Al Husna. Pemasangan fasilitas kran air siap minum ini juga sangat membantu pihak masjid dalam memberikan fasilitas air minum bagi warga masyarakat sekitar yang melakukan ibadah di masjis ini.

 

Testimoni lainnya juga diberikan dari ”Pihak Sekolah yang sangat mendukung Program Aetra dalam memberikan Kran Air Siap Minum di Sekolah Dasar ini, hal ini selain memberikan kemudahan bagi siswa dengan hanya membuka kran dan mengalir air yang siap minum, namun lebih dari itu juga sebegai bentuk edukasi kepada siswa Sekolah Dasar betapa pentingnya menggunakan air permukaan atau air perpipaan sehingga kelestarian alam dapat dijaga”, demikian petikan testimoni Ibu Kepala Sekolah SDN Sunter Jaya 09 Pagi, jakarta Utara disela-sela penyerahan Kran Air Siap Minum pada Jumat, 16 Maret 2018 lalu.

 

Sebelumnya, Aetra juga telah membangun kran air siap minum di kantor Walikotamadya Jakarta Utara, Walikotamadya Jakarta Timur serta Bandar Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur.

 

Bentuk Nyata Aetra Dalam Program Pengalihan Penggunaan Air Tanah ke Penggunaan Air Perpipaan sebagai Komitmen Penyelamatan Alam dan Lingkungan.

 

Salah satu upaya dalam memberikan edukasi dan sosialisasi secara masif  dalam hal penggunaan Air Perpipaan secara maksimal ini disebabkan oleh permasalahan yang terjadi diantaranya berkurangnya potensi air tanah karena eksploitasi secara berlebihan dan fenomena penurunan permukaan tanah di Jakarta yang tidak bisa kita hindari. Oleh karenanya, sumber daya air perlu dikelola secara baik dan bertanggung jawab. Hal penting yang harus dilakukan adalah merevitalisasi sistem penyediaan air baku untuk air minum, melalui : pengendalian penggunaan air tanah oleh penggunaan domestik (rumah tangga) maupun pelanggan industri. Semua ini dapat terlaksana melalui peningkatan kerjasama pemerintah dan swasta serta melalui Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibilities) dan penggunaan teknologi penyediaan air  bersih yang tepat guna.

 

Selain itu, pengambilan Air Tanah Secara Berlebihan di wilayah DKI Jakarta akan mengakibatkan dampak antara lain penurunan muka tanah (land subsidence) dan penurunan kualitas air. Pelanggaran terhadap pemanfaatan Air Bawah Tanah yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dapat dikenakan sanksi Administrasi, Perdata & Pidana”, demikian petikan dari Surat Edaran Gubernur Provinsi DKI Jakarta No. 37/SE/2011. Peran aktif Aetra bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta perlu terus ditingkatkan dengan memberikan Surat Himbauan kepada pelanggan industri dan pemerintahan yang belum mengalihkan penggunaan air tanah ke air perpipaan, terutama untuk pelanggan yang sudah terlayani dalam jaringan pipa Aetra.

 

Dari pemanfaatan air permukaan yang sudah diolah menjadi air bersih yang berkualitas, maka kapasitas produksi pada 2 (dua) Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang dimiliki Aetra sebesar 10.500 liter per detik dengan jumlah pelanggan lebih dari 447.415 sambungan (data Maret 2018) yang tersebar di sebagian wilayah timur Jakarta meliputi sebagian Jakarta Utara, sebagian Jakarta Pusat dan seluruh Jakarta Timur diharapkan mampu memenuhi pelanggan dengan maksimal.

 

Pencapaian Kinerja Aetra dalam Memberikan Kepuasan Pelanggan.

Disisi lain, untuk mengetahui Tingkat Kepuasan Pelanggan, maka Aetra secara rutin setiap tahun melakukan survey kepuasan pelanggan yang dilakukan oleh lembaga survey independen. Selain sebagai target Perusahaan, survey ini juga bertujuan untuk melihat bagaimana dampak dari upaya-upaya layanan yang dilakukan dan pergerakan ekspektasi pelanggan yang belum terpenuhi yang menjadi dasar perbaikan layanan kedepan.   

 

Poin perolehan hasil survey kepuasan pelanggan diatas angka 80 poin sudah termasuk dalam kategori memuaskan, perolehan ini telah dicapai Aetra semenjak tahun 2015 dengan tren perolehannya pada tahun 2015 (80,64 poin), tahun 2016 (82,11poin) dan tahun 2017 (83,92 poin).

 

Pencapaian tren Angka Kepuasan Pelanggan yang terus meningkat, diupayakan dengan  inovasi dan perbaikan di semua aspek baik disisi peningkatan jaringan maupun peningkatan pelayanan pelanggan. Dari sisi peningkatan jaringan, Aetra berhasil meningkatkan ketersediaan suplai air kepada pelanggan dengan merubah system suplai dari based on demand menjadi based on pressure sehingga dengan perubahan ini pelanggan akan terpuaskan dengan pemenuhan air karena tekanan air yang diterima pelanggan cukup tinggi. Sedangkan dari sisi kepelanggan, Aetra berkomitmen menerapkan Standard Operation Procedure (SOP) dan Service Level Agreement  (SLA), sehingga keluhan pelanggan tertangani dengan.cepat.