HOTLINE 24 JAM +62 21 86909999

Detail Berita

BONGKAR METER AIR , MENGAPA dan BAGAIMANA PROSESNYA

  • Posted by Aetra
  • 22 May 2017

Tahukah Anda bila Meter Air di rumah Anda suatu saat bisa diangkat dan dibawa oleh Aetra ke kantor Aetra untuk dibongkar dan dilihat bagian dalamnya? Mengapa hal itu terjadi dan bagaimana prosesnya ?

Bila Anda mengalami hal ini tak usah panik. Anda akan tetap dapat menikmati air Aetra karena Aetra tetap mengalirkan air serta memasangkan meter air pengganti sementara . Namun, Anda diminta untuk datang ke Kantor Aetra untuk menjadi saksi dalam proses Pembongkaran Meter air.

Mengapa Meter Air Diangkat ?

Pengangkatan meter air tersebut dilakukan setelah dilakukan proses kalibrasi atas meter air pelanggan dan didapatkan nilai akurasi meter air tersebut rendah. Atau bisa juga karena tim Aetra menemukan adanya indikasi aktivitas illegal pada meter air tersebut sehingga perlu menguji lebih detail lagi di kantor Aetra.

Meter air yang diangkat tersebut adalah karena memiliki nilai akurasi yang rendah saat dikalibrasi. Nilainya akurasinya <=-20%. Kalibrasi itu sendiri adalah proses menentukan akurasi meter air dengan cara membandingkannya dengan standar ukur yang mampu telusur ke standar nasional dan/atau internasional.

Aetra melakukan kalibrasi meter langsung di rumah pelanggan, baik atas permintaan pelanggan, ataupun berdasarkan program terjadwal. Tidak selalu kalibrasi itu hasilnya akan merekomendasikan pengangkatan meter air, bisa juga rekomendasinya adalah penggantian meter air atau cukup pembersihan meter dengan proses flushing oleh petugas Aetra.

Proses Bongkar Meter

Meter air yang memiliki nilai akurasi rendah, atau meter air yang memiliki indikasi aktivitas illegal akan diangkat oleh Aetra untuk dibongkar di kantor Aetra. Pembongkaran meter air di Kantor Aetra bertujuan untuk membuktikan apakah meter air rusak secara alami atau rusak bukan alami yang menunjukkan adanya perlakukan untuk mempengaruhi putaran meter air.

Ada pun proses bongkar meter tersebut adalah sbb :

1. Meter yang tersimpan dalam plastik bersegel akan ditunjukkan ke pelanggan masih dalam kondisi tersegel.

2. Aetra akan menggunting segel plastik dengan disaksikan pelanggan

3. Petugas bongkar meter menjelaskan kondisi meter

4. Petugas bongkar meter membongkar meter dengan cara digergaji

5.Hasil bongkaran ditunjukkan kepada pelanggan bagian demi bagian dengan menunjukkan contoh komponen meter yang ideal (kondisi baik) sebagai pembanding

6. Hasil pembongkaran dimuat dalam Berita Acara Hasil Pembongkaran Meter yang ditandatangani oleh Aetra dan Pelanggan.

Proses pembongkaran itu dilakukan di Kantor Aetra di Jl Tongkol no 5, Tanjung Priok Jakarta Utara 14310 (untuk pelanggan di area Utara) atau di Jl Raya Kalimalang no 89, Jakarta Timur (untuk pelanggan di area selatan).

Berikut adalah link video Proses Bongkar Meter di Ruang Bongkar Meter PT Aetra Air Jakarta di SBU Utara, Jl Raya Tongkol no 5, Tanjung Priok, Jakarta Utara

Link : Bongkar Meter Air